Headlines News :
Home » , , » Catat! Tanggal 21- 23 Juni 2016, Pemkab Kudus Gelar Pasar Murah di Masing-masing Kecamatan. Harga Dijamin Miring

Catat! Tanggal 21- 23 Juni 2016, Pemkab Kudus Gelar Pasar Murah di Masing-masing Kecamatan. Harga Dijamin Miring

Written By admin kudusku on Rabu, 15 Juni 2016 | 14:33

Kudus, Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menyiapkan 18 ton beras dan 13,5 ton gula pasir untuk dijual dengan harga "miring" pada pasar murah, 21-23 Juni 2016.

"Kami juga menyediakan minyak goreng murah sebanyak 9.000 liter," kata Kabid Promosi dan Perlindungan Konsumen pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus Arif Budiyanto di Kudus, Rabu.

Selain itu, kata dia, akan disediakan elpiji ukuran 3 kilogram sebanyak 4.480 tabung dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET) di tingkat pangkalan atau Rp15.000 per tabung.

Ia mengatakan kegiatan pasar murah tahun ini digelar di masing-masing kecamatan untuk pemerataan selama tiga hari yang dimulai Selasa (21/6)-Kamis (23/6).
Keempat komoditas kebutuhan pokok masyarakat tersebut, katanya, dijual murah karena disubsidi pemkab masing-masing komoditas bervariasi.

Adapun anggaran yang disiapkan untuk mendukung kegiatan pasar murah tersebut sebesar Rp75 juta.
Besarnya subsidi untuk komoditas beras sebesar Rp8.000 per pak yang berisi lima kilogram beras, sedangkan gula pasir dan minyak goreng disubsidi masing-masing Rp2.000/kg.

Ia memastikan harga jualnya lebih murah dibandingkan di pasaran, misal beras per pak berkisar Rp40.000 hingga Rp41.000, gula berkisar Rp13.000-Rp14.000/kg, dan minyak goreng Rp11.000 per liter.
"Harga komoditas yang akan disediakan di pasar murah memang belum menjadi kepastian, karena masih harus menyesuaikan dengan biaya distribusinya," ujarnya.

Agar masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah, kata dia, pemkab tetap berupaya agar ada bantuan dari pihak ketiga untuk distribusinya hingga ke masing-masing kecamatan.

Dalam rangka memudahkan penjualannya, kata dia, untuk komoditas beras dikemas lima kg per pak, sehingga totalnya ada 3.600 pak.

Setiap kecamatan, kata dia, mendapatkan alokasi beras 400 pak, gula pasir 1,5 ton, minyak goreng 1.000 liter dan gas elpiji 3 kg disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing kecamatan.
Kegiatan pasar murah tersebut juga didukung sejumlah lembaga perbankan dan perusahaan swasta.

Untuk pemerataan agar setiap warga di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus ikut merasakan pembelian komoditas pasar murah, dia mempersilakan, masing-masing kecamatan mengatur proses penjualannya dengan model kupon atau cara lain yang dinilai lebih efektif dan minim konflik.

Sementara jumlah kupon yang disediakan, disesuaikan dengan stok komoditas yang akan disiapkan dan pembagian kupon tersebut juga diserahkan kepada masing-masing kecamatan untuk menentukannya dengan tetap memprioritaskan warga kurang mampu.

"Warga juga diperbolehkan membeli komoditas sembako murah tersebut sesuai kemampuannya masing-masing, seperti hanya membeli beras atau gula," ujarnya.
Dengan adanya kegiatan pasar murah tersebut, dia berharap, bisa meringankan beban masyarakat kurang mampu yang ada di sembilan kecamatan selama bulan puasa.

Sumber,foto:antarajateng.com
Editor: Achmad Zaenal M

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger