Headlines News :
Home » , , » Dampak Gagalnya PILKADES Di Desa Getassrabi, DPRD Kudus Desak Perbup Direvisi

Dampak Gagalnya PILKADES Di Desa Getassrabi, DPRD Kudus Desak Perbup Direvisi

Written By admin kudusku on Sabtu, 19 Maret 2016 | 19:04

Ilustrasi: Istimewa
KUDUS, Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus mendesak Perbup tentang Pilkades direvisi menyusul batalnya pelaksanaan pemilihan kepala desa (Kades) Getassrabi, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Ketua Komisi A Mardijanto mengatakan, sejak awal komisinya telah memperingatkan potensi penggagalan Pilkades serentak di enam desa, 5 April mendatang. “Banyak celah di peraturan bupati yang bisa dimanfaatkan oknum-oknum yang tak ingin Pilkades berjalan lancar,” katanya.

Mardijanto meminta adanya sanksi tegas yang diatur dalam perbup. Jika hanya sanksi sosial, tentu kurang kuat.
Anggota Komisi A Soedjarwo menambahkan, mereka yang mundur dengan sengaja untuk menggagalkan tahapan pilkades, diusulkan agar dilarang ikut Pilkades berikutnya. Sanksi ini penting agar calon yang maju tidak main-main.
Anggota Komisi A lainnya Hendrik Marantek mengusulkan agar perbup direvisi dengan mengakomodasi adanya perpanjangan waktu pendaftaran. “Jika Pilkades batal, artinya desa akan dipimpin kembali oleh pejabat sementara. Masyarakat yang akan dirugikan,” katanya.

Pilkades di Getassrabi batal setelah dua dari tiga bakal calon kades mundur. Tiga warga yang mendaftar masing-masing bapak anak Muslihin dan Indah Pusparini, serta Asmijan. Saat penetapan calon, 15 Maret lalu, Muslihin menyerahkan proposal visi dan misi.

Asmijan yang sudah datang ke balai desa mengurungkan niatnya menyerahkan proposal visi misi, setelah mengetahui Indah tak melengkapi persyaratan.
Kepala Bagian Pemerintah Desa Setda Kudus Adi Sadhono menegaskan, potensi munculnya calon tunggal dalam Pilkades sudah diantisipasi. “Kami membebaskan panitia untuk membuat aturan sanksi berupa denda. Di desa lain denda ditetapkan bervariasi antara Rp 100 juta, hingga lebih. Rata-rata besaran denda disamakan dengan biaya Pilkades,” ujarnya.
(Saiful Annas/CN39/SM Network)
suaramerdeka.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger