Headlines News :
Home » , » Bunda....Gini Lho Cara Mudah Usir Kutu Beras

Bunda....Gini Lho Cara Mudah Usir Kutu Beras

Written By admin kudusku on Senin, 14 Maret 2016 | 13:21

Siapa tak jengkel melihat kutu bertebaran di tempat penyimpanan beras kita. Di antara beras putih nan wangi, tampak wujud kutu yang hitam di mana-mana, hiii...! Jangan buru-buru dibuang! Simak tips sederhana berikut untuk mengusir kutu beras dengan menggunakan cara alami.

1. Cabai kering: Keringkan cabai terlebih dahulu, baru masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Aroma pedas yang keluar dari cabai tidak disukai oleh kutu beras sehingga dalam waktu singkat Anda akan melihat kutu-kutu keluar perlahan dari tempat penyimpanan beras.

2. Bawang putih: Aroma bawang putih yang kuat dapat mengusir kutu pada beras yang kita simpan, caranya dengan memasukkan bawang putih yang telah dikupas ke dalam beras yang disimpan. Namun cara ini memiliki resiko merusak beras karena bawang putih memiliki kandungan air di dalamnya. Triknya, pisahkan dulu beras yang akan kita masak ke dalam tampah. Iris-iris bawang putih dan tempatkan di tampah tersebut. Kutu beras pun akan berlarian keluar wadah.

3. Daun jeruk: Untuk mencegah datangnya kutu, tempatkan daun jeruk di bagian bawah, tengah, dan atas penyimpanan beras Anda. Kalau sudah terlanjur berkutu, Anda pun bisa menyebarkan beberapa lembar daun jeruk yang sudah disobek kecil-kecil agar keluar aromanya ke dalam wadah beras. Kutu beras akan terganggu dengan aroma kuat daun jeruk, dan akan meninggalkan wadah tersebut. Nilai plusnya, beras Anda akan berbau wangi ketika dimasak.

4. Jemur di tempat panas: Cara paling sederhana untuk mengusir kutu beras adalah dengan menempatkan beras di dalam tampah, lalu jemur di bawah terik matahari. Kutu yang bersembunyi di tumpukan beras akan perlahan meninggalkan tempatnya karena mereka tak menyukai terik panas.

5. Tutup dengan kain basah: Cara ini juga tak terlalu sulit dilakukan. Cukup letakkan beras di tampah, tutupi dengan kain yang telah dibasahi. Dalam beberapa menit, kutu-kutu itu akan berpindah menempel di kain basah tersebut karena kutu menyukai tempat yang sejuk dan lembab.

Demikian beberapa tips untuk mencegah, sekaligus mengusir kutu pada beras.

Sumber: ummi-online.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger