Headlines News :
Home » , » Cara Menjadi Orang Tua Yang "PERFECT"

Cara Menjadi Orang Tua Yang "PERFECT"

Written By admin kudusku on Kamis, 03 Desember 2015 | 11:01

Menjadi orang tua adalah tugas yang monumental. Tidak setiap orang tua tiba-tiba pandai dalam melakukan pendidikan dan pendampingan terhadap anak.

Pengalaman sebagai anak, pendidikan dan lingkungan yang kita alami seringkali tidak cukup untuk menjadikan kita orang tua super.

Penting bagi kita untuk selalu belajar menjadi orang tua yang tumbuh dan berkembang bersama anak.

Ada tujuh pedoman untuk menjadi orang tua hebat, disingkat dengan P-E-R-F-E-C-T.

1.  P = Prioritize , membuat prioritas.

Jadikan anak anda adalah prioritas anda. Sejak dalam kandungan hingga masa-masa setelahnya, anda harus menerimanya sebagai anugerah besar, titipan yang kita utamakan.

Berikan yang terbaik dari yang anda miliki. Pengasuhan, pendidikan, waktu, perhatian, cinta dan kasih sayang terbaik harus anda berikan.

2. E = Experience, mengalami hidup bersama anak.

Sajikan pengalaman berharga kepada anak dengan kehangatan cinta dan kasih sayang dalam hubungan orang tua anak.

Sajikan lingkungan rumah yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak. Sajikan kekayaan pengalaman hubungan sosial dalam kehidupan anda bersama anak.

Dari pengalaman hidup inilah diantaranya anak akan membentuk dan menemukan kepribadiannya.

3.  R = Routinize, menetapkan rutinitas tanpa ’merobotisasi’.

Anda bisa menjalani rutinitas bersama anak yang menyenangkan. Yang perlu dilakukan adalah menetapkan aturan di rumah, menumbuhkan kreativitas, mendisiplinkan tanpa menjadi diktator, konsistensi dalam penghargaan dan hukuman, dan menjalankan rutinitas tanpa ’merobotisasi’.

Contoh kecil adalah, menetapkan rutinitas waktu mandi, waktu makan, waktu bermain, waktu belajar dan waktu beribadah. Ajari anak mempersiapkan dan bertanggungjawab terhadap waktu-waktu tersebut.

Setiap malam sebelum tidur, libatkan anak untuk mempersiapkan kebutuhan esok hari agar pagi menjadi berseri, seperti menyiapkan baju, sepatu dan perlengkapan sekolah.

Pastikan pada jam belajar semua tugas sekolah telah selesai dilakukan. Menyiapkan bahan untuk bekal makan dan minum di sekolah.

4. F= Follow through, mempertahankan apa yang telah dilakukan

Pertahankan segala hal baik yang sudah anda lakukan selama ini. Bersama pasangan, susunlah standar kegiatan dalam keluarga anda. Terapkan apa yang telah dirumuskan secara konsisten, agar anak-anak belajar menghargai aturan.

Tindak lanjut dari aturan yang telah dibuat adalah membangun rasa kebersamaan, ketulusan, penghargaan, toleransi, kedisiplinan, konsistensi, kebersihan dan perilaku hidup sehat.

5. E = Encourage, mendorong

Orang tua harus mengenali kekuatan dan kelemahan anak untuk dapat mengoptimalkan potensi, mendorong kreativitas, dan mengembangkan kecerdasannya.

Orang tua juga harus mendorong anak mampu mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan menumbuhkan rasa percaya diri.

6. C = Communicate, berkomunikasi

Anak belajar mengembangkan ketrampilan komunikasi di rumah sebagai lingkungan pertamanya. Orang tua mengajarkan dengan contoh aplikasi langsung bagaimana komunikasi yang sehat.

Berkomunikasi dengan memperhatikan suara, ekspresi wajah, bahasa tubuh anak. Orang tua juga memperkenalkan penggunaan bahasa yang tepat dan benar, memberikan perhatian serta penerimaan.

Anak yang sukses berkomunikasi di rumah, menjadi modal pengembangan ketrampilan komunikasinya lebih lanjut.

7. T = Teach, mengajarkan

Orang tua sebagai guru pertama dan utama untuk meletakkan dasar-dasar kebenaran, kebaikan, pengetahuan dan pedoman dalam menjalani kehidupan kepada anak.

Orang tua harus mengajarkan nilai-nilai Ketuhanan, namun juga ketrampilan, intelektual, kreativitas, dan ketrampilan sosial. Ajari tentang tanggungjawab, semangat, antuasiasme dan tujuan hidup. Ajari anak untuk mengam.
Sumber: FB cahyadi takariawan

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger