Headlines News :
Home » , » Sebanyak 41 Ribuan Anak Di Kudus Belum Punya Akta Kelahiran,Padahal Mengurusnya Gratis

Sebanyak 41 Ribuan Anak Di Kudus Belum Punya Akta Kelahiran,Padahal Mengurusnya Gratis

Written By admin kudusku on Kamis, 05 November 2015 | 15:51

Kudus, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat sebanyak 209.194 anak usia 0-18 atau sekitar 83,58 persen dari 250.284 anak yang ada di kabupaten setempat sudah memiliki akta kelahiran.

"Pencapaian tersebut tentu sudah melebihi target yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebesar 75 persen dari jumlah anak antara usia 0-18 tahun di Kabupaten Kudus," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kudus Hendro Martoyo didampingi Kepala Bidang Pencatatan Sipil Titit Sri Harjanti di Kudus, Kamis.

Meskipun sudah melampaui target cakupan, kata dia, Disdukcapil Kudus tetap akan meningkatkan pencapaiannya, karena masih ada sekitar 41.090 anak yang belum memiliki akta kelahiran..

Setidaknya, kata dia, bisa mendekati pencapaian Kabupaten Blora yang tertinggi di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, yakni mencapai 90,09 persen.

Untuk itu, kata dia, sosialisasi ditingkatkan dan tidak hanya menyasar desa-desa, melainkan hingga ke sekolah-sekolah dengan bekerja sama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kudus.

Apabila ada pelajar yang belum memiliki akta kelahiran, kata dia, bisa diurus secara kolektif dari sekolah terkait.

"Kami imbau masyarakat juga segera mengurus akta kelahiran anaknya karena tidak dipungut biaya alias gratis," ujarnya.

Pengurusan akta kelahiran yang terlambat, kata dia, memang dikenai denda administrasi, khususnya yang diurus lebih dari dua bulan setelah kelahiran.

Editor: Mahmudah/antarajateng.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger