Headlines News :
Home » , , » Penataan Instalasi Kabel Yang Semrawut di Sejumlah pasar di Kudus Bisa Picu Kebakaran

Penataan Instalasi Kabel Yang Semrawut di Sejumlah pasar di Kudus Bisa Picu Kebakaran

Written By admin kudusku on Senin, 09 November 2015 | 16:43

KUDUS – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus menyayangkan proyek pembangunan sejumlah pasar tak disertai penataan jaringan listrik dan hidran. Wakil Ketua Komisi B DPRD Kudus Noor Hadi mengatakan, instalasi listrik di sebagian besar pasar di Kabupaten Kudus sangat memprihantinkan.

Instalasi hidran pun hanya terdapat di Pasar Kliwon dan Bitingan. “Penataan jaringan listrik di dalam pasar sangat penting karena instalasi yang semrawut berpotensi memicu kebakaran. Dari pemantauan kami di lapangan jaringan listrik di pasar masih asal-asalan, termasuk di sejumlah proyek pasar yang tengah dikerjakan,” katanya, Minggu (8/11).

Politisi asal PKB itu mengingatkan, sebagian besar musibah kebakaraan pasar di Indonesia disebabkan karena hubungan arus pendek. Itu artinya musibah kebakaran dipicukarena adanya masalah di instalasi kelistrikan.

“Jangan sampai proyek yang sudah didanai miliaran rupiah habis karena kebakaran yang disebabkan masalah kelistrikan. SKPD terkait seharusnya memasukkan penataan listrik pada setiap proyek revitalisasi atau pun pembangunan pasar,” katanya.

Selain penggunaan kabel dan aksesori sesuai standar, penataan kabel menggunakan kabel tray agar terpihat rapi. Hal senada dikatakan Ketua Komisi B Muhtamat. Selain instalasi listrik, setiap pasar idealnya memiliki fasilitas hidran.

Penyediaan alat pemadaman ringan (apar) di sejumlah pasar menjadi alternatif untuk mengatasi ancaman kebakaran. Namun, apar hanya efektif saat api masih kecil. “Jika kobaran api sudah besar, maka diperlukan fasilitas pemadaman berkapasitas besar seperti hidran,” ujarnya.

(Saiful Annas/CN39/SM Network)
Suaramerdeka.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger