Headlines News :
Home » , , , , » Dua Parpol di Kudus Terancam Tidak Mendapat Dana Banpol

Dua Parpol di Kudus Terancam Tidak Mendapat Dana Banpol

Written By admin kudusku on Selasa, 06 Oktober 2015 | 13:13

KUDUS, Dua partai politik (parpol) yaitu Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kabupaten Kudus terancam tak menikmati kucuran dana bantuan politik (banpol). Dana banpol untuk kedua parpol dibekukan menyusul terjadinya dualism kepemimpinan di tingkat pusat.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus Djati Solechah mengatakan, Pemkab Kudus telah menganggarkan dana banpol sebesar Rp 1,078 miliar pada APBD 2015.

Dana banpol itu dianggarkan untuk sebelas parpol yang memiliki kursi di DPRD Kudus. Para pengurus sembilan parpol di Kudus mulai melakukan proses pencairan dana banpol. “Banpol untuk PPP dan Golkar tetap kami alokasikan, namun pencairannya menunggu keputusan hukum tetap terkait kepengurusan di tingkat pusat,” kata Djati.

Disebutkan, pembekuan dana banpol untuk Partai Golkar dan PPP dilakukan menyusul terbitnya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 203/2186 Pelpum tertanggal 1 September 2015 tentang penyaluran bantuan keuangan untuk parpol.

Partai Golkar sendiri pada pileg 2014 mendulang suara sebanyak 45.330 suara. Pemkab Kudus mengalokasikan bantuan keuangan untuk parpol sebesar Rp 2.332,26. Itu artinya, Golkar mendapat alokasi dana banpol sebesar Rp 105,7 juta.

PPP yang mendulang sebanyak 32.676 suara diperkirakan mendapat alokasi dana banpol sebesar Rp 76,2 juta. Sementara alokasi dana banpol terbanyak dimiliki PDI Perjuangan. Dengan perolehan sebanyak 85.802 suara, PDI Perjuangan bisa mendapat alokasi dana banpol sebesar Rp 200 juta lebih.

Dana banpol paling kecil diterima PBB yang mengoleksi sebanyak 9.065 suara, atau setara Rp 21,1 juta. Sesuai ketentuan, dana banpol hanya terbatas digunakan untuk pembelian peralatan kantor serta pendidikan politik. Pendidikan politik yang dimaksud bisa dalam bentuk kampanye.

(Saiful Annas/CN19/SMNetwork)/suaramerdeka.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger