Headlines News :
Home » , , , » THR Tidak Jelas,Ratusan Buruh Gentong Gotri Demo

THR Tidak Jelas,Ratusan Buruh Gentong Gotri Demo

Written By admin kudusku on Rabu, 15 Juli 2015 | 16:10

KUDUS,  Ratusan buruh dari gudang produksi (brak) Pabrik Rokok (PR) Gentong Gotri menutup jalan Pantura Timur – Lingkar Tenggara dari arah Surabaya ke Semarang, Rabu (15/7) pagi. Aksi dipicu kekesalan mereka yang menunggu pencairan tunjangan hari raya (THR). Sejak beberapa tahun terakhir pembayaran THR di pabrikan tersebut sering bermasalah.

Berdasarkan pantauan suaramerdeka.com, buruh yang semula duduk-duduk di tepi jalan Lingkar baik dari arah Semarang – Surabaya maupun Surabaya – Semarang, akhirnya merangsek ke tengah jalan sekitar pukul 09.00. Kejadian berlangsung selama sekitar dua menit.

Petugas kepolisian yang berada di tempat tersebut langsung membujuk buruh agar tidak memblokade jalan.Sebelumnya, ?blokade sudah dilakukan pada Jalan Lingkar Tenggara pukul 08.00 sekitar hampir sepuluh menit.

Menurut penuturan salah seorang buruh, Sumiyati (33), penduduk Mejobo, dia mendengar pihak manajemen menjanjikan THR dibayar Senin (13/7). Namun begitu, karena belum ada dana, sebagian dijanjikan Rabu (15/7) dan sebagian Kamis (16/7). “Akhirnya hari Rabu ini banyak yang datang ke brak,” imbuhnya.

Buruh lainnya, Sri Mustikawati (27), menyatakan dia dijanjikan? perwakilan karyawan dengan perusahaan. Hanya saja, pada Senin (13/7) dan Rabu (15/7) brak di Lingkar Tenggara dalam kondisi terkunci. Buruh pun akhirnya belum dapat menerima THR.

Menurutnya, perusahaan sudah empat tahun terakhir mulai limbung. Bahkan, dua tahun terakhir sudah tidak ada aktivitas produksi. Buruh hanya mendapat uang tunggu Rp 12 ribu per pekan. Manajamen menjanjikan THR dibayar dengan jumlah satu upah minimum kabupaten (UMK). Hanya saja, tahun lalu THR dibayar dua kali.
“Kalau tahun ini dijanjikan dibayar sekali,” imbuhnya.

Ketua Pengurus Cabang Rokok Tembakau Makanan dan Minuman (RTMM) SPSI, Andreas Hua, yang ditemui di lokasi menyatakan, pihaknya datang ke tempat tersebut sepanjang memantau saja. Jika memang diminta memfasilitasi kepentingan buruh, pihaknya siap melaksanakan. Mengenai jumlah buruh dia menyebut 1.100-an orang.

(Anton WH/CN19/SMNetwork) suaramerdeka.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger