Headlines News :
Home » , , » Saat Sahur Sebaiknya Hindari Makanan Ini

Saat Sahur Sebaiknya Hindari Makanan Ini

Written By admin kudusku on Kamis, 18 Juni 2015 | 20:57

Saat sahur bingung mau makan apa? Sebenarnya minum air putih dan makan beberapa butir kurma menjelang adzan Shubuh saja sudah cukup, tapi jika yang merasa belum 'nendang', bisa memakan menu lainnya, asalkan tidak mengonsumsi beberapa makanan berikut, dikarenakan kurang baik untuk kesehatan pencernaan:

1. Makanan yang digoreng

Misalnya gorengan, uenak dan gurih sih, tetapi kandungan lemak jenuhnya bisa mengganggu penyerapan gizi pada bagian lambung dan usus halus, akibatnya bisa memunculkan rasa lapar di saat sedang berpuasa siang hari.

2. Makanan yang mengandung banyak gula

Misalnya permen, terutama permen karet, memiliki kandungan sarbitol tinggi yang dapat membuat usus mengalami gangguan karena senyawa tersebut tidak mampu diserap atau diubah oleh tubuh kita.

3. Mie instan

Di iklan sih kayaknya enak dan praktis banget ya santap sahur dengan mi instan. Akan tetapi menurut penelitian, mi merupakan makanan yang bisa mengeluarkan asam lambung dan tidak baik dikonsumsi terlalu banyak terutama di waktu sahur. Apalagi buat penderita maag, jangan ambil resiko dengan menyantap mie instan untuk hidangan sahur keluarga!

4. Makanan pedas

Sensasi yang ditimbulkan dari makanan pedas memang luar biasa nikmat, akan tetapi jika dikonsumsi saat sahur bisa menyebabkan sakit perut dan bahkan bisa menimbulkan penyakit diare.

5. Makanan dan minuman yang mengandung fruktosa

Soda dan alkohol merupakan makanan yang mengandung banyak senyawa fruktosa, jika dikonsumsi saat sahur bisa menyebabkan berbagai gangguan sistem pencernaan. Terlebih lagi alkohol bisa merupakan minuman haram yang harus dihindari kaum muslimin.

6. Makanan berlemak tinggi

Mengapa makanan berlemak kurang baik disajikan saat sahur? Yap, karena makanan berlemak dapat menyebabkan perut menjadi kekenyangan dan bahkan kembung. Sehingga nantinya malah akan menimbulkan rasa lapar yang sangat dahsyat.

Demikianlah beberapa makanan yang sebaiknya tidak disajikan untuk keluarga di waktu sahur, semoga bermanfaat.

Foto ilustrasi: google/ummi-online.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger