Headlines News :
Home » , » Ratusan Miliar Dana APBD Kudus Parkir Di Bank, Jadi Sorotan DPRD

Ratusan Miliar Dana APBD Kudus Parkir Di Bank, Jadi Sorotan DPRD

Written By admin kudusku on Selasa, 16 Juni 2015 | 08:02

KUDUS, Sebanyak Rp 404,4 miliar lebih dana APBD 2014 ngendondi bank umum. Uang ratusan miliar itu terparkir di sejumlah bank umum di Kabupaten Kudus dalam bentuk giro dan deposito.

Mengendapnya ratusan miliar dana daerah itu menjadi sorotan sejumlah fraksi di DPRD Kudus. Dana yang ngendon dinilai terlalu besar tersebut dikhawatirkan mempengaruhi likuiditas keuangan daerah. Terlebih pencairannya tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan daerah. Pengelolaan dana tersebut juga perlu dibuka ke publik agar transparan.

Bupati Kudus Musthofa dalam jawaban atas pandangan umum fraksi terhadap laporan pertanggung jawaban (LPj) APBD 2014 pada rapat paripurna DPRD Kudus, Senin (15/6), membantah mengendapnya uang daerah tersebut bakal mempengaruhi likuiditas keuangan daerah. Musthofa mengatakan pada akhir tahun APBD 2014, terdapat SILPA sebesar Rp 404 miliar. Dari total dana tersebut, Rp 353 miliar diantaranya tersimpan dalam deposito di sejumlah bank. Sisanya yang lain dalam bentuk giro.

“Total anggaran daerah yang tersimpan dalam bentuk giro sebesar Rp 352 miliar. Jumlah tersebut tersebar di sejumlah bank seperti Bank Jateng Cabang Kudus sebesar Rp 325 miliar, BNI Cabang Kudus sebesar Rp 20 miliar, BTN Cabang Kudus seebsar Rp 5 miliar dan Rp 3,2 miliar lainnya di rekening Puskesmas,” kata Musthofa.

Sementara uang daerah yang berbentuk Giro hanya sebesar Rp 52 miliar yang tersebar di Bank Jateng sebesar Rp 51,2 miliar, BNI sebesar Rp 1,2 miliar, dan BTN sebesar 233 juta.
(Saiful Annas/CN38/SM Network)/suaramerdeka.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger