Headlines News :
Home » , , » Agar Tidak Kecanduan Kopi dan Teh,Minumlah Pada Jam Ini

Agar Tidak Kecanduan Kopi dan Teh,Minumlah Pada Jam Ini

Written By admin kudusku on Kamis, 07 Mei 2015 | 15:28

Tahukah bahwa kopi dan teh dapat menyebabkan kecanduan bila kita salah waktu dalam meminumnya? Karena baik kopi maupun teh mengandung kafein yang menyebabkan ketagihan, tentu saja membawa dampak kurang baik untuk tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan menemukan bahwa waktu paling baik untuk menikmati kopi/teh setiap hari bukanlah pagi-pagi atau setelah bangun tidur, melainkan di antara pukul 9.30 dan 11.30 siang.

Saat pagi hari, hormon kortisol biasanya meningkat secara alami setelah bangun tidur dan levelnya akan tetap tinggi hingga beberapa jam kemudian. Hormon kortisol paling tinggi antara pukul 8-9 pagi, oleh sebab itu tidak perlu lagi mengasup minuman berkafein di waktu tersebut. Sebab minum kopi ketika level kortisol sedang tinggi-tingginya bisa membuat tubuh 'kecanduan'.

Kortisol adalah hormon yang diproduksi banyak ketika seseorang merasa stres. Fungsinya adalah mengubah cadangan energi menjadi glukosa sehingga bisa digunakan oleh sel-sel tubuh. Lonjakan energi yang dilepaskan di pagi hari akan meningkatkan kewaspadaan tapi di waktu yang sama juga menimbulkan rasa lapar. Seiring berjalannya waktu, level kortisol akan menurun dengan sendirinya sehingga kewaspadaan berkurang. Saat itulah khasiat minuman kafein akan lebih efektif.

Apa efeknya jika minum kopi saat hormone kortisol tinggi? Yap, di kemudian hari, tubuh akan 'meminta' jumlah kortisol yang lebih banyak lagi sehingga seseorang merasa harus minum kopi atau teh dulu agar tubuhnya lebih segar.

Lama-kelamaan keinginan tubuh akan kafein meningkat dari hari ke hari dan memungkinkan kita untuk minum kafein lebih dari satu gelas sehari bahkan ada yang mampu meminum lebih dari enam gelas sehari. Seperti diketahui, terlalu banyak konsumsi kafein bisa memicu detak jantung yang akibatnya bisa kurang baik bagi kesehatan jantung.

Selain antara pukul 8 dan 9, hormon kortisol juga akan meningkat lagi saat siang setelah pukul 13.00, dan 17.30 hingga 18.30. Itulah sebabnya ketimbang pagi hari, minum kopi menjelang siang atau sore hari akan lebih baik. Sebab kopi bisa membantu mengimbangi jeda ketika level kortisol dalam tubuh menurun.

Sumber:ummi-online.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger