Headlines News :
Home » , , » Ingin Punya Kulit Yang Indah? Coba Lulur Dengan Bahan Sederhana Ini

Ingin Punya Kulit Yang Indah? Coba Lulur Dengan Bahan Sederhana Ini

Written By admin kudusku on Kamis, 30 April 2015 | 07:58

Salah satu cara untuk membuat kulit sehat, bersih dan cerah adalah dengan menggunakan lulur. Lulur jadi banyak dijual di supermarket. Namun alangkah baiknya jika sahabat ummi bisa menyiapkan sendiri lulurnya di rumah. Tentunya selain lebih sehat, bebas dari bahan kimia, lulur buatan sendiri juga jauh lebih murah. Di bawah ini ada tiga resep lulur yang bisa disiapkan sendiri di rumah. Semoga bermafaat.

1.Lulur kopi dan madu

Kopi yang kita kenal dengan aromanya yang menarik ternyata tidak hanya enak diseruput di pagi hari tapi juga baik untuk kecantikan kulit. Kopi dipercaya dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit. Teksturnya yang agak kasar karena berbentuk granul halus dapat membantu mengangkat kulit mati. Tambahan madu selain untuk menghasilkan campuran yang membuat lulur ini agak melekit seperti cream juga dapat melembabkan dan menutrisi kulit.

Cara membuatnya sangat gampang, ambil sesendok serbuk kopi asli lalu tambahkan dengan sesendok madu. Aduk sampai didapat campuran yang agak kental, jika terlalu kental boleh ditambahkan dengan beberapa tetes air hangat.  Lulur pun siap untuk digunakan. Boleh juga disiapkan dalam jumlah banyak, masukkan dalam wadah yang bersih dan tertutup rapi lalu simpan dalam kulkas.

2.Lulur beras hangus, kunyit dan asam jawa

Lulur ini dulu banyak digunakan oleh wanita-wanita secara turun temurun di kampung di Sulawesi Selatan. Biasanya perempuan ini yang baru selesai melakukan panen padi rajin melulur wajah dan badan mereka dengan resep ini.

Kulit yang terbakar matahari dapat kembali cerah dan halus dengan resep lulur ini. Beras yang sengaja digarang sampai agak hangus setelah dihaluskan akan menjadi seperti serbuk kopi yang juga bisa digunakan untuk bahan scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati.

Selain itu beras ini juga dapat mencerahkan dan memutihkan serta memberikan efek pendingin pada kulit.  Fungsi kunyit sendiri sudah kita kenal sebagai bahan yang bagus sebagai antiseptik dan anti bakteri, juga membuat kulit menjadi agak kekuningan.

Air asam jawa sendiri selain sebagai bahan campuran yang membuat lulur ini agak melekit juga baik untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Asam ini juga dikenal dapat membunuh jerawat.

Cara membuatnya juga mudah, cuci bersih kira-kira satu mangkuk kecil beras lalu tiriskan. Sangrai sampai agak hangus, dinginkan. Masukkan beras hangus dalam blender tambahkan irisan kunyit sebanyak satu ruas jari dan setengah gelas air asam jawa. Blender sampai halus. Pidahkan ke wadah yang bersih dan tertutup rapat. Simpa dalam kulkas Jika masih terlalu kental boleh ditambahkan sedikit air hangat sebelum digunakan.

3.Lulur susu bubuk, garam, gula, dan minyak zaitun

Lulur ini sangat kaya dengan nutrisi sehingga kulit menjadi sehat, halus dan cerah. Membuatnya juga sangat mudah. Garam dan gula bagus sebagai bahan bergranul yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Minyak zaitun sediri sudah kita kenal sebagai pelembab, sumber vitamin E dan antioksidan yang berguna untuk meremajakan kulit.

Cara membuatnya tinggal campurkan semua bahan lalu diaduk sampai di dapat campuran yang agak kental.

Itulah tiga resep lulur yang bisa sahabat ummi buat sendiri di rumah. Cukup dengan resep-resep tersebut, lulur alami pun siap digunakan. Lebih murah dan lebih sehat. Cantik tidak selalu harus mahal bukan? Yuk dicoba.

Foot ilustrasi: google

Profile Penulis

Andi Sri Suriati  Amal, biasa dipanggil Inci, lahir di Bone, 2 April 1973. Sementara ini berdomisili di Kuala Lumpur, Malaysia. Buku solonya berjudul Role Juggling, Perempuan Sebagai Muslimah, Ibu dan Istri diterbitkan oleh Gramedia tahu 2013 Ibu empat anak ini dapat dihubungi di http://inci73.wordpress.com atau lewat facebook-nya (Andi Sri Suriati Amal). Dan kini bergabung di Komunitas Ummi Menulis.

*sumber:ummi-online.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger