Headlines News :
Home » , , » Ekonom UMK: Pengembalian Uang 11 SKPD Kudus Tidak Serta Merta Hapus Dugaan Korupsi

Ekonom UMK: Pengembalian Uang 11 SKPD Kudus Tidak Serta Merta Hapus Dugaan Korupsi

Written By admin kudusku on Rabu, 29 April 2015 | 16:29

KUDUS, Hasil kerja tuntas tim auditor BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan Jawa Tengah dalam mengaudit di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Kabupaten Kudus ditunggu oleh masyarakat. Penjatuhan sanksi berupa pengembalian uang negara kepada 11 SKPD, dinilai belum mrupakan keseluruhan tindakan yang dikeluarkan oleh lembaga negara itu.

‘’Kami pastikan, kami akan mengajukan permintaan secara resmi kepada BPK Jawa Tengah, untuk mendapatkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Dari LHP itulah, masyarakat bisa mengetahui secara persis, apa saja bentuk penyalahgunaan wewenang yang dilakukan pejabat tersebut. Soal langkah yang kami ambil, lihat saja nanti,’’ tutur Direktur LSM Semesta Kudus, Subagio Reban.

Terpisah, ahli Ekonomi Akuntansi Keuangan Daerah dari Universitas Muria Kudus (UMK) Wachidil menegaskan, pengembalian duit negara dari tahun anggaran 2014 sebagaimana permintaan BPK, tidak sertamerta menghapus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di 11 SKPD. ‘’Pengembalian uang negara dengan tipikor itu berbeda,’’ujarnya kepada suaramerdeka.com Rabu (29/4).

Dengan begitu, menurut pengajar di UMK itu, sudah semestinya bila dalam kesempatan terpisah nanti,kasus penyalagunaan wewenang yang terjadi di 11 SKPD itu ditangani oleh aparat penegak hukum. ‘’Sekali lagi, kalau BPK itu benar, ini bukan kesalahan yang bersifat prosedural atau administratif,’’ tandasnya.
SKPD mana saja yang telah mengembalikan uang ke Kas Daerah, sebagaimana diwartakan sebelumnya, belum diketahui secara pasti. Kepastian mereka harus mengembalikan dana negara tersebut, diketahui setelah para kepala SKPD yang dipimpin Sekjda Noor Yasin saat mereka diundang dan dikumpulkan oleh BPK di kantornya Semarang pada Senin(27/4).

(Prayitno/CN19/SMNetwork)
*suaramerdeka.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger