Headlines News :
Home » , , , » [Tips]: Olah Sendiri Kulit Manggis Menjadi Minuman Berkhasiat

[Tips]: Olah Sendiri Kulit Manggis Menjadi Minuman Berkhasiat

Written By admin kudusku on Senin, 30 Maret 2015 | 08:07

Untuk mengolah kulit manggis caranya mudah saja. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan peralatan sederhana tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Berikut ini beberapa cara pengolahannya:

1.Merebus kulitnya kemudian minum airnya

Ini adalah cara yang paling sederhana.  Yaitu dengan merebus lalu meminum air rebusan kulit manggis tersebut secara langsung. Rasanya pahit, maka penambahan bahan-bahan pemanis seperti gula maupun madu juga diperbolehkan dan tidak mengurangi khasiat yang terkandung didalamnya.

2.Membuat teh berbahan kulit manggis kering

Caranya:  kulit buah dipotong-potong dalam ukuran kecil  kemudian kulit manggis di keringkan di bawah sinar matahari dimana. Penyimpanan kulit kering ini harus di tempat bersih dan tidak lembab untuk menghindari tumbuhnya jamur yang bisa membahayakan kesehatan.
Cara penyajiannya cukup seduh kulit manggis kering menggunakan air panas lalu minum selagi hangat seperti kita menikmati secangkir teh.

3.Dibuat Jus

Bahan-bahan: kulit manggis yang masih segar, pemanis (seperti gula jawa, gula aren atau madu), air matang secukupnya, blender, es batu jika perlu.

Cara membuat: Ambil kulit manggis kemudian kerok bagian dalamnya yang ada selaput putih seperti benang. Untuk mempermudah proses ini, pilih kulit buah yang masih segar atau membeli buah manggis kemudian manfaatkan kulitnya.

Masukkan ke dalam blender bersama air, proses sampai halus. Sesuaikan jumlah air dengan banyaknya kulit manggis untuk meminimalkan rasa pahit.

Tuang ke dalam gelas lalu tambahkan madu atau gula jawa yang sudah dihancurkan agar rasa pahit bisa berkurang. Aduk-aduk beberapa saat.

Agar lebih segar, sajikan dengan menambahkan es batu di atasnya.

Sahabat Ummi, adakah resiko keracunan akibat meminum jus kulit manggis?Beberapa tanda kita mengalami keracunan karena olahan kulit manggis adalah diare dan muntah-muntah. Ini bisa disebabkan karena kulit manggis tidak terjaga kebersihannya selama proses pengolahan.

Untuk mencegahnya, minumlah olahan kulit manggis dalam jumlah yang sedikit selama beberapa hari. Tujuannya untuk melihat reaksi tubuh terhadap zat-zat alami yang terkandung di dalamnya.

Dibalik rasa pahit, anyir dan berwarna merah ini terdapat beribu khasiat yang kesemuanya sangat baik untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kita. Karena hal itu, manggis dikenal sebagai "ratu buah" (sebagai pasangan durian, si "raja buah”).

Semoga bermanfaat.

Foto ilustrasi: google

Artis Hardiyati (Titis),ummi-online.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger