Headlines News :
Home » , » Pemerintah kucurkan Modal Rp.225 Miliar Pada PG Rendeng

Pemerintah kucurkan Modal Rp.225 Miliar Pada PG Rendeng

Written By admin kudusku on Jumat, 13 Maret 2015 | 07:47

KUDUS, Pabrik Gula (PG) Rendeng Kudus mendapat suntikan modal sebesar Rp 225 miliar dari Pemerintah, tahun ini. Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi pabrik peninggalan Belanda tersebut.

Suntikan modal itu, menurut Anggota Komisi VI DPR RI Abdul Wachid, disetujui legislatif untuk merevitalisasi pabrik gula yang sebagian besar mesinnya berusia tua. “Untuk menuju swasembada gula, tidak ada jalan lain dengan meningkatkan produksi. Caranya dengan meremajakan mesin PG,” katanya.

Wachid berkunjung ke PG Rendeng Kamis (12/3) siang untuk melihat kondisi mesin produksi gula. Dengan suntikan modal tersebut, PG Rendeng diharapkan mampu meningkatkan produksi dari semula 2.400 TCD (ton can per day) menjadi 4.000 TCD.

Suntikan modal untuk PG Rendeng menjadi bagian dari total suntikan sebesar Rp 1 triliun untuk PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX. PTPN IX ditargetkan mampu memproduksi gula hingga 14 ribu TCD.
Politisi Partai Gerindra asal Jepara itu menambahkan, pemerintah harus memproteksi komoditas gula nasional. Bentuk riilnya dengan pembatasan impor gula rafinasi. Jika kebutuhan gula nasional sebesar 5 juta ton dan pabrik dalam negeri mampu memproduksi hingga 2,6 juta ton, maka kuota impor seharusnya tak lebih dari 2,4 juta ton.
“Namun yang terjadi impor gula rafinasi tahun lalu mencapai 4 juta ton lebih. Akibatnya gula petani lokal kalah bersaing. Sebab dengan mesin tua biaya produksi sangat tinggi,” katanya.
(Saiful Annas / CN26 / SM Network)
Suaramerdeka.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger