Headlines News :
Home » , , » Hari Libur Tidak Praktik, Dokter Keluarga Program BPJS Perlu Dievaluasi

Hari Libur Tidak Praktik, Dokter Keluarga Program BPJS Perlu Dievaluasi

Written By admin kudusku on Minggu, 29 Maret 2015 | 20:30

Foto: Istimewa

KUDUS, – Sistem dokter keluarga sebagai fasilitas kesehatan pertama layanan program BPJS Kesehat perlu dievaluasi. Terlebih banyak dokter keluarga yang libur praktik pada hari Minggu dan libur nasional.

Ketua DPRD Kudus Masan mengatakan, banyak persoalan layanan BPJS bermula dari faskes pertama. Ia mencontohkan banyak laporan yang diterimanya, ada sejumlah pasien BPJS yang ditolak ke rumah sakit karena tak mengantongi rujukan dokter keluarga.
Ketentuannya pasien BPJS memang harus menunjukan surat rujukan untuk mendapat layanan rawat inap di rumah sakit. Anehnya, pasien tersebut baru diterima rumah sakit ketika memilih mendaftar sebagai pasien umum.

Setelah ditelusuri, kasus yang mereka hadapi mirip. Pasien tersebut umumnya masuk ke rumah sakit pada hari Minggu atau libur nasional. Padahal saat itu dokter keluarga kebanyakan libur praktik.

“Orang sakit pasti kan tidak mengenal hari kerja atau libur. Jika pas sakit keras di hari libur, tentu peserta BPJS akan kesulitan mendapat rujukan. Seharusnya ada dispensasi untuk kasus seperti itu. Ini yang perlu dievaluasi oleh BPJS,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, peserta BPJS yang mendapat layanan faskes pertama di klinik 24 jam tentu tak akan mengalami persoalan seperti yang dialami Hafidh. Namun, ia yakin banyak peserta program BPJS yang mendapat jatah faskes pertama di dokter keluarga (bukan klinik – Red).

Kepala BPJS Kudus Herman Dinata mengatakan, pihaknya terus melakukan perbaikan pelayanan, terutama yang menyangkut layanan di faskes pertama. “Kami terus melakukan perbaikan. Prinsipinya semua peserta BPJS harus terlayani secara maksimal,” ujarnya.

(Saiful Annas/CN39/SM Network)
Foto: Istimewa,suaramerdeka.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger