Headlines News :
Home » , , , » 4 UMKM Kudus Ikuti INACRAFT 2015, Biaya Ditanggung Pemkab

4 UMKM Kudus Ikuti INACRAFT 2015, Biaya Ditanggung Pemkab

Written By admin kudusku on Selasa, 31 Maret 2015 | 19:58

kerajinan bordir menjadi salah satu andalan Pemkab Kudus di Inacraft 2015./Dok Pemprov Jateng

KUDUS—Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menetapkan empat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah setempat yang akan dibiayai untuk mengikuti International Handicraft Trade Fair atau Inacraft 2015.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus Sudiharti melalui Kabid Promosi dan Perlindungan Konsumen Arif Budiyanto mengatakan penetapan 4 UMKM tersebut karena dinilai siap menerima pesanan dalam jumlah besar mengingat Inacraft ajang bertaraf internasional.


"Keempat UMKM tersebut, bergerak di bidang kerajinan bordir, gebyok dan mebel, kerudung serta batik," kata di Kudus, Selasa (31/3/2015).
Selain itu, kata dia, produk tersebut dinilai cukup prospektif untuk dipromosikan pada pameran Inacraft nantinya.


Untuk pelaku UMKM lainnya akan mendapatkan kesempatan mengikuti pameran serupa di tingkat regional. Biaya selama mengikuti pameran itu ditanggung oleh Pemkab Kudus.

Anggaran yang disiapkan untuk memberangkatkan keempat pelaku UMKM tersebut, kata dia, sebesar Rp75 juta untuk keikutsertaan pameran Inacraft 8-12 April 2015 di Balai Sidang Jakarta Convention Center.


Menurut dia, pameran Inacraft tersebut merupakan kesempatan emas bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produknya karena yang hadir tidak hanya dari masyarakat Tanah Air, melainkan ada pula tamu undangan dari sejumlah negara.
Kesempatan tersebut menjadi peluang untuk memperluas pangsa pasar.

Berdasarkan data yang dirilis panitia Inacraft 2015, saat ini sudah ada 1.065 pelaku usaha kerajinan dari penjuru Nusantara yang mengkonfirmasi ikut dalam pameran bergengsi tersebut.


Selain itu, ada sebanyak 267 calon pembeli dari 41 negara yang menyatakan kesiapannya hadir dalam ajang pameran hasil kerja sama dengan Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia (ASEPHI) dan PT Mediatama Binakreasi tersebut.

Sri Amini, pemilik usaha Bordir Sri Rejeki di Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kudus, sangat berterima kasih kepada Pemkab Kudus yang memfasilitasi usahanya untuk mempromosikan lewat pameran Inacraft.


"Pameran yang bertaraf internasional tersebut, memang menjadi peluang emas bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan bordir icik yang merupakan produk khas Kudus," ujarnya.

Untuk melakukan promosi sendiri, kata dia, tentu kesulitan karena dibutuhkan biaya yang cukup besar. 



Source : Antara

Editor : Pamuji Tri Nastiti|semarang.bisnis.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger