Headlines News :
Home » » Inilah Perbedaan Kanker Dan Tumor

Inilah Perbedaan Kanker Dan Tumor

Written By admin kudusku on Senin, 09 Februari 2015 | 21:14

ISTILAH kanker sering muncul setelah tumor, mungkin Anda juga pernah mendengar istilah tumor jinak dan tumor ganas. Tumor ganas inilah yang disebut kanker. Lalu apa perbedaan di antara keduanya dan mengapa tumor bisa menjadi ganas?

Tumor pada dasarnya adalah sel hidup yang tumbuh secara abnormal. Mereka akan memperbanyak diri dalam waktu cepat. Lalu bagaimana dengan kanker?

“Perbedaannya adalah tumor memiliki kapsul pelindung, sementara kanker adalah tumor yang kapsulnya sudah pecah,” kata Prof Dr dr Soehartati Gondhowiardjo, Sp.Rad., dalam Seminar Awam Kanker, di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Lebih lagi, dijelaskan bahwa tumor tidak akan membahayakan bila menyerang suatu bagian tubuh dan masih mudah diangkat dengan operasi. Sementara tumor yang sudah pecah akan dengan mudah menyebuk ke sel sehat, membuat jaringan pembuluh darah untuk hidup, dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

“Perbedaan ini menimbulkan penanganan operasi berbeda-beda, ada yang waktunya sebentar ada yang lama. Contohnya, penderita tumor atau kanker payudara stadium awal biasanya bisa menjalani operasi pengangkatan 15-30 menit. Bagi yang sudah parah bisa lebih lama lagi, bahkan bisa sampai diangkat seluruh payudaranya bila telah melebar,” jelasnya.

Pertumbuhan tumor dan perkembangannya menjadi kanker dapat memakan waktu bertahun-tahun. Paparan faktor risiko kanker dapat memicu percepatan munculnya kanker, seperti zat kimia seperti dari rokok, makanan tidak sehat, kegemukan, radiasi matahari, atau infeksi virus yang dapat menimbulkan mutasi gen dan merobohkan daya tahan tubuh.

(yac) okezone.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger