Headlines News :
Home » , , » Empat Penyakit Yang Sering Muncul Saat Musim Hujan, Apa Saja?

Empat Penyakit Yang Sering Muncul Saat Musim Hujan, Apa Saja?

Written By admin kudusku on Sabtu, 14 Februari 2015 | 21:34

Sample Image
Ada beberapa penyakit yang sering muncul di saat musim hujan, berikut ini beberapa penyakit di antaranya:
1.Cikungunya 
Penyakit ini sudah ada sejak dulu, namun kini marak lagi setiap musim hujan. “Penyakit ini disebabkan oleh virus cikungunya, juga ditularkan ke manusia oleh nyamuk Aedes aegypti. Gejalanya demam mendadak, nyeri pada persendian --terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang--, serta ruam (kumpulan bintik-bintik kemerahan) pada kulit. 
Gejala lainnya adalah nyeri otot, sakit kepala, menggigil, kemerahan pada selaput mata, pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher, mual, muntah, dan kadang-kadang disertai gatal pada ruam. Demamnya sering rancu dengan penyakit demam dengue, demam berdarah dengue, dan campak. Tetapi, nyeri sendi merupakan gejala yang menonjol.
Penyakit cikungunya merupakan self limiting disease. Sehingga, pemberian obatnya bersifat simtomatis, seperti obat antinyeri dan penurun panas. Jika dalam 2-3 hari belum membaik, segeralah ke dokter atau rumah sakit. Setelah penderita sembuh, rasa nyeri pada sendi masih bisa terasa hingga beberapa minggu atau bulan. Setelah itu, akan hilang dengan sendirinya dan tidak menimbulkan kelumpuhan. 

2.Flu
Virus influenza disebarkan melalui udara dengan pertanda batuk dan bersin. Sekali batuk orang akan menyebarkan 100 ribu virus ke udara. Dan, ketika bersin jumlah virus influenza yang menyebar berlipat ganda hingga mencapai 2 juta.Di samping itu, virus influensa juga sangat tinggi menular dan berdampak 5 hingga 15 persen di populasi setiap tahunnya.
Reaksi dari virus itu sangat -sangat beragam. Beberapa orang akan segera mengalami demam dan sakit. Selain itu, 30-50 persen orang lebih tahan terhadap serangan virus.Yang berarti bahwa, tubuh mereka membersihkan virus itu dalam sistem lebih efisien.


3.Diare
Penyakit diare sangat erat kaitanya dengan kebersihan individu (personal hygiene). Pada musim hujan dengan curah hujan yang tinggi maka potensi banjir meningkat. Pada saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum dari sumur dangkal akan banyak ikut tercemar. Di samping itu pada saat banjir biasanya akan terjadi pengungsian di mana fasilitas dan sarana serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih. Itu semua menjadi potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

4.ISPA
Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dapat berupa bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya. Gejala utama dapat berupa batuk dan demam, kalau berat dapat/ mungkin disertai sesak napas, nyeri dada dan lain-lain. Untuk menangani penyakit ini, masyarakat diimbau untuk istirahat, pengobatan simtomatis sesuai gejala, mungkin diperlukan pengobatan kausal untuk mengatasi penyebab, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penularan pada orang sekitar, antara lain dengan menutup mulut ketika batuk, tidak meludah sembarangan.

Demikianlah beberapa penyakit yang perlu diwaspadai di musim hujan seperti ini, tetap jaga kesehatan diri dan keluarga, jangan sampai tertular.

Dari berbagai sumber/ummi-online.com
Foto: google
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger