Headlines News :
Home » , , » DPRD Kudus Sayangkan Kelangkaan Persediaan Obat-obatan di RSU Kudus

DPRD Kudus Sayangkan Kelangkaan Persediaan Obat-obatan di RSU Kudus

Written By admin kudusku on Rabu, 18 Februari 2015 | 20:45

Foto: Istimewa

KUDUS, Komisi D DPRD Kudus menyayangkan terjadinya kelangkaan persediaan obat-obatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kudus, belakangan ini. Ketua Komisi D Mukhasiron mengatakan, pihaknya memanggil manajemen rumah sakit pelat merah untuk memberi penjelasan, Senin (16/2).

Mukhasiron mengatakan, pihaknya seminggu terakhir banyak menerima keluhan masyarakat terkait kekosongan persediaan obat di RSU. “Ada keluarga pasien yang harus membeli obat sendiri ke apotik, sehingga tidak bisa diklaimkan ke BPJS,” katanya.
Sebagian lainnya mengeluhkan jatah obat yang kurang. Ia mencontohkan, seorang pasien seharusnya mendapat jatah obat lima butir, namun janya diberi tiga. Dua lainnya harus menunggu hingga obat tersedia. “Kondisi krisis obat seperti ini seharusnya tidak boleh terjadi,” tegasnya.

Direktur RSU Kudus dokter Abdul Azis Achyar mengakui adanya persoalan ketersediaan obat. Pihaknya harus menyesuaikan pengadaan obat sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pengadaan Obat berdasarkan katalog elektronik (e-catalogue).

Pengadaan obat juga diatur Permenkes Nomor 48 Tahun 2013 Tentang Pengadaan Obat dengan Prosedur E-Purchasing berdasarkan E-Catalogue. “Uang untuk membeli obat ada. Namun persoalannya pada rekanan yang tidak siap. Dampaknya ketersediaan obat tidak selancar sebelumnya. Ini masih terus dibenahi,” ujarnya.
(Saiful Annas/CN39/SM Network) suaramerdeka.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger