Headlines News :
Home » , » Ciri-Ciri Makanan Yang Mengandung Boraks

Ciri-Ciri Makanan Yang Mengandung Boraks

Written By admin kudusku on Selasa, 10 Februari 2015 | 14:22

Sahabat Ummi, saat ini banyak makanan yang bukannya membuat sehat, tapi justru membawa penyakit untuk keluarga kita. Yakni dikarenakan zat-zat pengawet non makanan yang terkandung di dalamnya, salah satunya adalah boraks.

Boraks merupakan garam Natrium Na2B4O7.10H2O yang banyak digunakan dalam berbagai industri non pangan khususnya industri kertas, gelas, bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik, pengontrol kecoak dan keramik. Selain itu Boraks digunakan juga sebagai bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik dan pengontrol kecoak.

Jenis makanan apa sajakah yang biasa diawetkan dengan boraks? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Kerupuk Gendar
Dari berbagai sumber yang dihimpun, kerupuk gendar dianggap sebagai cikal bakal dikenal dan digunakannya boraks pada makanan. Orang jawa biasa menyebut kerupuk gendar dengan karak atau lempeng. Air bleng (pijer) yang dipakai dalam pembuatan karak atau gendar ini adalah boraks dalam bentuk tidak murni. Dahulu, pembuatan bakmi pabrik dan macaroni juga memakai asam boraks murni buatan industri farmasi.

2. Bakso

Ciri-ciri bakso yang mengandung boraks: Tekstur sangat kenyal, warna tidak kecokelatan seperti penggunaan daging, tapi lebih cemerlang keputihan

3. Mie basah

Jenis makanan di pasaran yang paling banyak ditemukan mengandung boraks dengan alasan agar enak, warnanya menarik dan tahan lama. Selain itu, mi basah dengan boraks Tidak lengket, sangat kenyal, serta tidak mudah putus.

4. Jajanan seperti 'Lontong'
Lontong dengan tambahan boraks rasanya getir dan sangat gurih, serta beraroma sangat tajam.

5. Tahu
Sebagai pengawet dan membuat tahu tidak gampak rusak dan bisa tahan lama. Seringkali pedagang memberikan pengawet berupa boraks. Cara gampang mengetahui tahu tersebut mengandung pengawet, dengan cara dibiarkan diruangan terbuka. Jika dalam waktu 24 jam tidak berubah warna dan bau, maka anda boleh curiga tahu tersebut mengandung boraks.

6.  Kerupuk

Kerupuk yang mengandung boraks teksturnya sangat lembut dan renyah, bisa menimbulkan rasa getir di lidah.

dari berbagai sumber/ummi-online.com

foto: google

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger