Headlines News :
Home » , » Bupati Musthofa Usulkan Pemanfaatan Dana Cukai Diperluas Cakupannya

Bupati Musthofa Usulkan Pemanfaatan Dana Cukai Diperluas Cakupannya

Written By admin kudusku on Senin, 19 Januari 2015 | 20:50

Bupati Kudus Usulkan Pemanfaatan Dana Cukai Diperluas Cakupannya

KUDUS - Bupati Kabupaten Kudus Musthofa mengusulkan pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) diperluas cakupannya sesuai prioritas dan karakteristik daerah.
"Selama ini, penggunaan DBHCHT memang dibatasi untuk lima kegiatan, sehingga prioritas program dan karakteristik daerah yang tidak termasuk dalam lima jenis kegiatan tersebut tidak bisa diakomodir," kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kudus Dwi Agung Hartono di Kudus, Senin (19/1/2015).

Untuk itu, kata dia, Musthofa mengusulkan perlunya peninjauan peraturan perundang-undangan yang ada dengan memperluas cakupan jenis kegiatan sesuai prioritas dan karakteristik daerah kepada Menteri Keuangan lewat surat tertanggal 10 Desember 2014.
Surat dengan tembusan Gubernur Jateng dan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan tersebut, kata dia, juga sudah diterima oleh kementerian terkait.
Berdasarkan surat bupati tersebut, dijelaskan bahwa sesuai dengan pasal 2 ayat (1) Peraturan Menteri Keuangan nomor 84/PMK.07/2008 tentang Penggunaan DBHCHT dan Sanksi atas Penyalahgunaan Alokasi DBHCHT disebutkan bahwa penggunaan DBHCHT untuk mendanai lima jenis kegiatan.

Kelima jenis kegiatan tersebut, yakni peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan pemberantasan barang cukai ilegal.
Ketentuan tersebut, kata dia, dalam pelaksanaannya dapat menimbulkan permasalahan.
"Mengingat pengelompokan lima jenis kegiatan tersebut bersifat makro, sehingga menimbulkan multitafsir dalam hal penerjemahan oleh masing-masing pihak yang dapat berdampak pada akibat hukum," ujarnya.

Selain itu, kata dia, prioritas program dan karakteristik daerah yang tidak masuk ke dalam lima jenis kegiatan tersebut juga tidak bisa diakomodir.
Dengan penggunaan DBHCHT yang dibatasi hanya untuk lima jenis kegiatan, kata dia, setiap tahunnya Pemkab Kudus terjadi sisa DBHCHT antara 30-40 persen dari alokasi yang diterima.

Dana sisa tersebut, kata dia, harus dianggarkan kembali untuk kegiatan yang sama sehingga menyulitkan untuk penyerapan anggaran dalam melayani kepentingan masyarakat yang lebih luas.

Usulan lain yang disampaikan kepada Kementerian Keuangan, yakni soal penggunaan DBHCHT diharapkan diserahkan ke masing-masing daerah sesuai konsep dana bagi hasil (block grant) sehingga akselerasi pembangunan di daerah dapat lebih cepat dan sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik masyarakat setempat. (antara)
TRIBUNJATENG.COM
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger