Headlines News :
Home » , » Sungai Logung Dijadikan Latihan Evakuasi Bencana Para Relawan Kudus

Sungai Logung Dijadikan Latihan Evakuasi Bencana Para Relawan Kudus

Written By admin kudusku on Senin, 22 Desember 2014 | 20:14

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

KUDUS, – Ratusan relawan yang selama ini mengabdikan diri dalam berbagai penanganan bencana di Kota Keretek, Senin (22/12) menggelar latihan bersama di sungai Logung, masuk Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo. Selain berlatih, mereka juga mendapat materi search and rescue dari personel Kodim 0722. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai antisipasi menghadapi kemungkinan terjadi bencana baik banjir maupun tanah longsor.

Kasi Operasional Latihan Iptu Muchlisin menyatakan materia yang diberikan terbilang komplit. Peserta tidak hanya dicekoki teori soal sistem komando penyelamatan, P3K dan mountaineering tetapi juga langsung mengaplikasikannya dalam kejadian yang diskenariokan seperti “musibah” yang sebenarnya. “Kami menskenariokan agar mereka dapat mengatasi berbagai kendala medan saat proses evakuasi,” katanya.

Materi latihan diberikan personel yang benar-benar mumpuni dalam bidangnya. Dia mencontohkan, soal penanganan kesehatan darurat di lapangan diajarkan oleh tenaga medis yang sudah mempunyai kecakapan khusus di bidang itu.
“Termasuk personel yang mempunyai keahlian turun tebing lengkap dengan kemahiran tali temali,” paparnya.

Hal yang tidak kalah penting dilakukan yakni perlunya berkoordinasi satu dengan lainnya. Jadi, selama proses evakuasi pekerjaan penyelamatan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. “Penyelenggaraan dilakukan selama dua hari dengan mendekatkan pada medan longsor dan banjir,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan menyatakan tidak hanya kemampuan personel yang disiagakan, tetapi juga peralatannya. Pada kesempatan tersebut pihaknya juga menggelar peralatan baik untuk “vertical gear” hingga penyelamatan di dalam air atau banjir. “Kita tidak menginginkan terjadinya bencana, tetapi wajib mengantisipasinya,” ujarnya. (Anton WH/CN41/SMNetwork)suaramerdeka.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger