Headlines News :
Home » , » Sejak Setahun Lalu Formula Pemeliharaan Menara Kudus Telah Diuji Coba

Sejak Setahun Lalu Formula Pemeliharaan Menara Kudus Telah Diuji Coba

Written By admin kudusku on Rabu, 24 Desember 2014 | 20:08

FINISHING: Tim BPCB melakukan finishing pada sektor kaki Menara Kudus beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)
KUDUS, – Formula untuk keperluan konservasi dan pemeliharaan bangunan Menara Kudus ternyata sudah diuji cobakan sejak satu tahun yang lalu, atau dengan kata lain seiring dengan kegiatan pemugaran pihak pengelola sudah melakukan uji coba dengan memberikan pelapis kedap air.

Hanya saja ini tidak langsung diaplikasikan pada bangunan Menara Kudus melainkan pada tembok di bagian selatan bangunan Tajug yang berada di dalam Kompleks Menara, Masjid dan Makam Sunan Kudus.

Staf bagian humas dan dokumentasi Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus (YM3SK), Denny Nur Hakim, Selasa (23/12) mengatakan, meski formula untuk konservasi sudah diuji cobakan namun hal itu belum cukup karena masih perlu kajian.
“Memangh formula tersebut masih perlu dikaji kembali oleh tim BPCB maupun dari Balai Arkeologi,” katanya.

Pihaknya juga belum mengetahui secara pasti apakah formula kedap air tersebut bisa membantu menjaga keutuhan bangunan yang masuk dalam kategori cagar budaya, atau justru sebaliknya.
“Meskipun selama satu tahun bahan pelapis kedap air tersebut sudah diuji cobakan di tembok belakang dan hasilnya selama ini cukup mengesankan, sebab batu bata tersebut tetap dalam kondisi utuh dan tidak mengakibatkan berubahnya komposisi batu tersebut meskipun usianya sudah tua,” paparnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan konsultasi dengan BPCB maupun dengan Balai Arkeologi.
“Sebab pengkajian ini juga memerlukan waktu yang tidak sebentar, karena memerlukan uji coba dari berbagai sudut pandang,” terangnya.

Karena konservasi tersebut berlaku sampai dengan jangka panjang jadi pihaknya tidak mau terlalu gegabah dalam menentukan langkah. “Kami masih membutuhkan banyak masukan terkait dengan konservasi ini semata – mata untuk mempertahankan agar bangunan Menara Kudus tidak rusak,” tandasnya.
(Ruli Aditio/CN19/SMNetwork) suaramerdeka.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger