Headlines News :
Home » , » Peningkatan Curah Hujan dan Potensi Curah Hujan Ekstrim Dipantau

Peningkatan Curah Hujan dan Potensi Curah Hujan Ekstrim Dipantau

Written By admin kudusku on Minggu, 28 Desember 2014 | 17:11

Foto: Istimewa

KUDUS, – Peningkatan curah hujan yang diikuti gelontoran debit mengarah ke Bangunan Pengendali Banjir Wilalung Lama (BPBWL) akhir tahun ini diwaspadai. Akhir tahun 2013 dan awal tahun 2014, curah hujan mencapai 100 mililiter hingga 300 mililiter sehingga mengakibatkan genangan di sejumlah lokasi.

Kekhawatiran ketika itu juga dirasakan di sekitar bendung yang menjadi pengatur debit dari sungai Serang mengarah ke sungai Wulan dan Juwana. Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Serang Lusi Juwana (BPSDA Seluna), Noviyanto, mengemukakan hal tersebut kepada Suara Merdeka, Minggu (28/12). Semua pihak tentu tidak menginginkan kondisi seperti itu terjadi lagi.

“Tetapi, antisipasi tetap harus dilakukan,” katanya.
Saat sekarang, kondisi debit di sekitar bendung Wilalung masih relatif aman. Meskipun begitu, mendasarkan “sejarah” banjir dan juga datangnya musim penghujan, pihaknya sudah mulai memberlakukan piket banjir.

Selain itu, beberapa waktu yang lalu pihaknya juga sudah melakukan pengecekan di sejumlah lokasi yang terkait dengan persoalan banjir. Tanggul sungai yang dipantau yakni di sungai Dawe dan Logung. “Sejauh ini kami menilai masih tetap aman,” ungkapnya.
Hal serupa juga dilakukan pada sungai Wulan. Pihaknya mengakui masih ada beberapa titik tanggul di sungai tersebut yang sudah “tipis”. Pengertiannya, penahan debit yang ada sebagian longsor.

Tahun lalu, saat terjadi peningkatan kiriman air hingga mencapai 1.000 meter kubik per detik sungai masih mampu menampungnya. Sedangkan saat sekarang, diperkirakan kapasitas tampung sungai Wulan mencapai 1.100. Sedangkan untuk Juwana diprediksi mencapai 100 meter kubik per detik. Adapun untuk “anak sungai” Juwana lainnya dapat menampung 300 – 400 meter kubik per detik.
“Kami juga menyediakan material banjiran,” jelasnya. (Anton WH/CN41/SMNetwork)
Foto: Istimewa|suamramerdeka.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger