Headlines News :
Home » » Makan Segenggam Bilberry Terbukti Mampu Mengatasi Peradangan

Makan Segenggam Bilberry Terbukti Mampu Mengatasi Peradangan

Written By admin kudusku on Sabtu, 20 Desember 2014 | 20:22

Headline
(foto: dailymail)

Jakarta - Makan segenggam bilberry dalam sehari mendatangkan manfaat kesehatan. Makan buah kecil versi blueberry asam tersebut mengurangi efek berbahaya dari makan banyak lemak.

Mengutip dailymail, untuk pertama kalinya, buah yang tumbuh di alam liar di bagian utara Inggris dan merupakan bagian penting diet Nordic tersebut terbukti berefek menguntungkan karena mampu mengatasi tekanan darah dan peradangan.

Tercatat, peradangan adalah respon kekebalan alami tubuh, yang awalnya menguntungkan. Tetapi, dapat menyebabkan beberapa kondisi dan penyakit dalam jangka panjang.

Peneliti yakin efek kesehatan menguntungkan dari bilberry karena tingginya kadar polyphenol, komponen kimia dalam melawan penyakit signifikan lebih tinggi dalam bilberry dibandingkan blueberry komersial.

Sebagai bagian dari studi University of Eastern Finland, tikus diberi makan diet tinggi lemak selama tiga bulan. Beberapa tikus juga makan baik 5 persen atau 10 persen dari bilberry beku kering dalam makanan. Peneliti menilai efek diet dengan melihat tingkat peradangan pada sel.

Orang gemuk memiliki tingkat peradangan, dan bahkan tingkat rendah sering terkait penyakit obesitas diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke, seperti tekanan darah tinggi.

Peneliti mengukur tingkat peradangan dengan melihat sitokin, zat yang dihasilkan dari sel-sel darah putih yang memicu respon kekebalan tubuh dan tingkat tinggi merupakan penanda peradangan. Peneliti juga mengukur kadar glukosa dalam darah, seperti tingkat tinggi penyebab diabetes dan sensitivitas insulin, yakni apakah tubuh sensitif terhadap hormon pemecah gula. Terakhir, peneliti mengukur tekanan darah dan berat badan.

Sejauh penelitian ditemukan tikus diet tinggi lemak memperoleh tambahan besar berat badan. Juga tercatat perubahan merugikan glukosa, metabolisme lemak, tekanan darah dan peradangan. Tapi, bilberry memapu mengurangi efek inflamasi dari diet tinggi lemak. Bilberry juga mencegah tekanan darah mengangkat akibat makanan berlemak.

"Itu mungkin karena tingginya tingkat penyakit memerangi kimia polifenol hadir dalam blueberry. Secara khusus, polifenol yang disebut anthocyanin yang memberikan bilberry dan blueberry warna biru sangat bermanfaat," terang hasil penelitian.

Artikel penelitian tersbeut terbit dalam PLoS ONE. [aji] inilah.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger