Headlines News :
Home » » Ini Kecamatan Terbersih di Kabupaten Kudus

Ini Kecamatan Terbersih di Kabupaten Kudus

Written By admin kudusku on Jumat, 05 Desember 2014 | 20:25

kota terbersih

KUDUS, – Mempertahankan predikat kecamatan terbersih se-Kabupaten Kudus memang bukan suatu perkara yang mudah, karena sebenarnya yang memengaruhi bersih atau tidaknya suatu wilayah tidak hanya disebabka oleh satu faktor. Oleh karena itu, penting melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, utamanya di wilayah perkotaan.

Hal ini disampaikan oleh Camat Kota, Kholid Seif saat kegiatan kebersihan diwilayah Kecamatan Kota, kemarin. Ia juga memaparkan bahwa predikat kecamatan terbersih melalui penghargaan piala green and clean dari Pemkab Kudus merupakan hasil kerja bersama, bukan hasil individu.

“Memang ini tidak mudah mempertahankan predikat, namun dengan hasil kerja bersama kemungkinan besar predikat tersebut bisa dipertahankan,” katanya.
Ia menambahkan bahwa yang terpenting sebenarnya bukan persoalan predikatnya, namun bagaimana kebersihan tersebut bisa diimplementasikan kepada semua masyarakat.
“Terkadang kegiatan kebersihan yang dilakukan setiap hari Jumat seringkali masih dipandang sebelah mata, dan hanya kegiatan seremonial saja. Namun sebenarnya di balik itu semua ada manfaat yang cukup penting, misalnya saja pengecekan sejumlah saluran buang apakah sudah berfungsi secara maksimal, mengingat musim hujan sudah tiba,” katanya.
Ia juga menambahkan, beberapa upaya yang telah dilakukan untuk menjaga kebersihan salah satunya adalah sosialisasi. Hal ini sebenarnya tidak cukup, sebab kebersihan itu perlu tindakan nyata.
“Oleh karena itu setiap dalam kegiatan kebersihan selalu terjun langsung bersama – sama dengan masyarakat, dengan dibantu TNI dan Polri. Hal itu jauh lebih bermanfaat karena ada tindakan nyata,” jelasnya.

Selain itu, dengan terjun langsung juga dapat mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan dan diperlukan pembenahan. “Khusus kegiatan kebersihan di Kecamatan Kota senantiasa digilir dari desa / kelurahan, dengan tema berbeda pula. Misalnya hari ini di Desa Kaliputu fokus pembersihannya adalah sungai, sedangkan mungkin di desa lain adalah saluran yang ada di pemukiman warga, begitu selanjutnya,” paparnya. (Ruli Aditio/CN41/SMNetwork)/suaramerdekadotcom
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger