Headlines News :
Home » » Musim Hujan Segera Tiba, Kali Di Bulung Kulon Diusulkan Dinormalisasi

Musim Hujan Segera Tiba, Kali Di Bulung Kulon Diusulkan Dinormalisasi

Written By admin kudusku on Rabu, 12 November 2014 | 19:53

foto: istimewa

KUDUS,  – Kali Jati yang membelah desa Bulung Kulon, Kecamatan Jekulo, diminta untuk segera dinormalisasi. Sedimentasi membuat sungai yang berhilir di Juwana tersebut menjadi semakin dangkal.
Akibatnya, saat musim penghujan limpasan sungai sering mengakibatkan banjir di pemukiman sekitarnya. Kades Bulung Kulon, terakhir banjir menerjang kawasan tersebut pada pertengahan bulan Januari 2014. Ketika itu, ratusan rumah terendam sekitar setengah meter. “Kami berharap sungai dinormalisasi untuk mengurangi potensi banjir,” jelasnya.

Saat ini sungai selebar sekitar 7 meter tersebut sudah semakin dangkal. Tumpukan material dan sampah dari hulu memenuhi badan sungai. “Sebentar lagi memasuki musim penghujan, itu yang menjadi perhatian kami,” jelasnya.
Saat kemarau seperti sekarang ini, kedalaman air terdalam mungkin hanya sekitar setengah meter. Hanya saja, ketika penghujan air dapat naik dan meluber hingga ke jalan dan menggenangi rumah warga.
Kondisi tersebut selain mengakibatkan banjir, juga merusak jalan desa. Berdasarkan data yang dihimpun pihak desa, kerusakan terjadi sekitar 1,5 kilometer.Keberadaan sungai Jati memang cukup penting bagi warga Bulung Kulon. Pasalnya, sungai tersebut berada di tengah-tengah pemukiman.

Terpisah, Kadinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral, Sam’ani Intakoris ketika dikonfirmasi menyatakan pihaknya sebatas hanya dapat mengusulkan normalisasi saja, sedangkan kewenangan untuk menentukan apakah perlu dilakukan normalisasi atau tidak dimiliki pusat.”Kami sebatas mengusulkan saja,” katanya.
(Anton WH/ CN26 / SM Network)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger