Headlines News :
Home » » Pemugaran Menara; Ornamen Keramik Kuno Tetap Dipertahankan

Pemugaran Menara; Ornamen Keramik Kuno Tetap Dipertahankan

Written By admin kudusku on Kamis, 02 Oktober 2014 | 21:11

2jmenara kds-J18

KUDUS,kudusku.com – Sejumlah ornamen yang berada di tubuh bangunan Menara Kudus berupa piring keramik kuno tetap akan dipasang atau dikembalikan ke tempat semula. Ini dilakukan agar keaslian bangunan cagar budaya tersebut tetap terjaga, meski hal tersebut dilakukan di akhir pemugaran yang saat ini sudah menuju 100 persen.
Koordinator pemugaran Menara Kudus dari Balai Peninggalan cagar Budaya (BPCB) Jateng, Rabiman kemarin menjelaskan, bahwa memang pemasangan ornamen keramik tersebut dilakukan pada akhir. Mengingat untuk menjaga keutuhannya agar tidak mudah rusak terkena material langsung. “Pemasangan ornamen kami jadwalkan pekan depan, dengan pertimbangan masih
ada bagian belum selesai dilakukan finishing,” katanya.

Ia menambahkan pada proses finishing pekan ini memang dikhususkan untuk menyempurnakan bagian – bagian yang telah dipugar, mulai dari atas bangunan sampai dengan kaki bangunan. “Sekaligus mengecek jika masih terdapat kekurangan, atau hal – hal yang terlewatkan,” terangnya.

Termasuk membersihkan landasan bangunan Menara Kudus yang kotor karena sisa tumpukkan material sisa – sisa pemugaran.
“Pada intinya kami kembalikan seperti semula agar tidak mengganggu para wisatawan yang datang berkunjung ke Kompleks Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus,” jelasnya.

Terkait soal jumlah ornamen yang akan dipasang, pihaknya belum bisa memastikan kemungkinan ada sepuluh buah lebih karena sebagian ada yang rusak dan kemudian diganti dengan ornamen yang mirip. “Namun demikian kami pastikan tidak akan mengubah bentuk yang nantinya bisa menghilangkan nilai sejarah, sebab pemasangannya disesuaikan dengan bentuk
aslinya,” ungkapnya.


Pada tahap akhir ini BPCB juga melakukan konservasi pada bagian tubuh menara dengan bahan material batu bata dan bagian atas menara atau pilar penyangga atap yang berbahan material kayu. “Konservasi ini lebih diartikan pada pemeliharaan. Jika di bagian tubuh menara disemprot oleh zat anti lumut, sedangkan untuk bagian atas diberi cairan berbahan dari rebusan tembakau dan cengkeh dan kemudian dikuaskan pada keempat pilar penyangga atap serta bagian lainnya yang berbahan material kayu,” paparnya. (Ruli Aditio/ CN40)
http://berita.suaramerdeka.com/ornamen-keramik-kuno-tetap-dipasang/
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger