Headlines News :
Home » , , » Cukai Sigaret Kretek Tangan (SKT ) 2015 Tidak Perlu Dinaikkan

Cukai Sigaret Kretek Tangan (SKT ) 2015 Tidak Perlu Dinaikkan

Written By admin kudusku on Senin, 20 Oktober 2014 | 16:40

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan agar tarif cukai rokok kretek buatan tangan naik pada tahun depan tidak mengalami kenaikan.

“Tarif cukai rokok untuk sigaret kretek tangan (SKT) tidak perlu dinaikkan dan cukai SKT sekitar Rp80 per batang. Diharapkan pada tahun tarif cukai SKT masih sama dengan tahun ini,” kata Direktur Jenderal (Dirjen), Industri Agro Kemenperin, Panggah Susanto, di Jakarta, Senin (20/10).

Apabila kenaikan cukai SKT dan Sigaret Kretek Mesin (SKM) disamakan, menurut Panggah, maka disparitas harga di antara keduanya tidak bertambah. Kondisi ini berpotensi semakin memperkuat pergeseran minat beli konsumen dari SKT ke SKM.

“Pasar sigaret kretek buatan tangan semakin menyusut dan kami menginginkan disparitas harga di antara SKM dan SKT semakin jauh, caranya dengan membuat harga jual eceran kretek tangan lebih murah dari pada SKM,” paparnya.

Semakin besar konsumsi rokok kretek mesin, lanjut Panggah, berdampak pada penyusutan pangsa pasar SKT serta berpotensi meningkatkan jumlah pengangguran. Pasalnya industri sigaret kretek tangan termasuk sektor padat karya, sedangkan SKM tak menyerap tenaga kerja sebanyak SKT.

“Tidak masalah jika cukai SKM naik setinggi-tingginya asalkan SKT tidak. Pada tahun lalu setoran cukai rokok ke negara mencapai Rp103,6 triliun dan realisasi produksi sekitar 346 miliar batang,” ujarnya. (antl

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger