Headlines News :
Home » , , » Bermimpi Semua Orang Indonesia Memakai Lampu LED

Bermimpi Semua Orang Indonesia Memakai Lampu LED

Written By admin kudusku on Senin, 13 Oktober 2014 | 20:58

Menurut PLN konsumsi listrik di Indonesia tiap tahun terus meningkat,tercatat masih menurut situs PLN, pertumbuhan pemakaian listrik semester-1/ 2013 naik sebesar 7,2 % dibanding semester yang sama tahun lalu. Total pemakaian listrik semester-1/2013 adalah sebesar 90,48 Tera Watt hour (TWh) dan pada semester-1/2012 sebesar 84,43 TWh.besar sekali bukan?Itu data pada tahun 2013 kemarin.Untuk tahun 2014 ini tentunya akan semakin besar.

Hal yang sama juga terjadi pada pengguna listrik untuk kalangan rumah tangga dengan daya 900 Volt Ampere (VA).Untuk pelanggan rumah tangga kecil daya 900 VA jumlah pelanggan pada semester 1 2013 tumbuh tinggi sebesar 11,7 % dibanding semester yang sama tahun lalu, demikian menurut sumber PLN, selengkapnya bisa dibaca disini. Wah besar sekali ya.

Saya yakin konsumsi terbesar listrik untuk kalangan rumah tangga adalah untuk lampu penerangan.Dalam satu rumah tangga minimal terdapat 4 titik lampu.Kalau rumah mewah tentunya akan lebih banyak lagi jumlah titik lampunya. Dengan jumlah pelanggan PLN di tahun 2013 yang  mencapai 53,6 juta pelanggan dapat dibayangkan betapa besar energi listrik yang digunakan.

Disinilah perlu dicarikan solusi penghematan energi listrik di Indonesia.Tidak selamanya pasokan listrik akan stabil.Musim kemarau saat ini sangat rawan terjadi krisis energi listrik. Salah satu cara untuk menghemat energi listrik adalah dengan mengganti lampu listrik yang kita gunakan saat ini dengan lampu LED (light emitting diode).Dengan lampu jenis LED ini kita dapat menghemat 20 kali lebih sedikit dibanding kalau kita menggunakan bohlam pijar (Jawa POS edisi cetak).Disamping itu lampu LED juga lebih awet.

Saya bermimpi dan berharap melalui blog ini kelak suatu saat masyarakat Indonesia bisa menggunakan lampu LED ini.PLN sebagai ujung tombak perlistrikan di Indonesia bisa mempelopori penggunaan lampu LED ini secara masif dengan jalan mengedukasi masyarakat akan pentingnnya menggunakan lampu LED ini.Hmm...dapat dibayangkan seandainya setengah dari 53,6 juta pelanggan beralih ke lampu LED, berapa besar energi listrik yang bisa kita hemat tiap bulannya?


Kalau dulu Pak JK berhasil mengubah kebiasaan masyarakat menggunakan minyak tanah dan beralih ke gas LPG, langkah serupa saya yakin bisa diterapkan di PLN. Langkah awal misalnya PLN mengganti semua LPJU (lampu penerangan jalan umum) dengan lampu LED, disusul dengan kantor pemerintahan. Setelah itu baru kepada masyarakat.
PLN bisa memberikan subsidi kepada masyarakat untuk menukar lampu yang ada di rumah dengan lampu LED.Lebih bagus lagi kalau diberikan secara cuma-cuma.Untuk tahap awal tidak usah banyak-banyak dulu, misal 2 titik saja.Kemudiaan masyarakat akan tahu tagihan listriknya akan turun.

Kuncinya adalah PLN terus memasifkan dan terus mengedukasi masyarakat agar beralih menggunakan lampu LED, karena saya lihat masih minim sekali informasi ini.Semoga dengan usul saya di blog ini dapat diperhatikan oleh bapak-bapak di PLN. Aamiin



Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger