Headlines News :
Home » » Ke Kudus? Tidak Lengkap Tanpa Mencicipi Jenang Kudus

Ke Kudus? Tidak Lengkap Tanpa Mencicipi Jenang Kudus

Written By admin kudusku on Minggu, 28 September 2014 | 20:22


kudusku.com - Jenang Kudus adalah makanan sejenis dodol Garut yang berasal dari Kudus Jawa Tengah. Jenang Kudus merupakan oleh-oleh khas dari Kabupaten Kudus. Jenang ini biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil, dibungkus kertas kaca, dan dimasukkan ke dalam kemasan dus.

Di Kudus, ada ratusan industri rumahan pembuat Jenang Kudus diantaranya : Jenang Mubarok, Viva, Mabrur, Sinar 33, karomah, kenia, sinar fadhil. Serta Dodol kudus seperti :  Dodol Citra Persada, Claszeto Chocolate Dodol dan dodol Muria jaya.
Jenang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, asal kata dari bahasa Jawa yang artinya sejenis penganan. Dibuat dari adonan yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula jawa. Dan prosesnya adalah santanan didihkan dengan api yang kecil, dan diaduk supaya santan tidak pecah. Gula jawa dilarutkan dengan cara direbus hingga meleleh semuanya  dan disaring untuk menghilangkan kotran pada gula tersebut , kemudian larutan gula di campur dengan santan yang sudah mendidih, dan di campur dengan tepung beras sedikit demi sedikit dan diaduk terus dcampuran dari ketiga bahan tersebut, hingga kalis atau mengental. Setelah mengental dipindahkan ke loyang dan dinginkan, setelah itu baru di packing.

Menurut cerita rakyat, jenang kudus lahir ketika Sunan Kudus (salah satu anggota Wali Sanga) menguji kesaktian salah satu muridnya yang bernama Syech Jangkung alias Saridin dengan menyuruhnya memakan bubur gamping di tepi Sungai Gelis di wilayah Desa Kaliputu.
Padahal, gamping adalah salah satu hasil tambang yang sebagian besar mengandung kalsium karbonat dan biasanya dicampur dengan semen untuk digunakan sebagai bahan pembuatan tembok.

Ternyata Saridin tetap segar bugar sehingga Sunan Kudus berucap, ”Suk nek ono rejaning jaman wong Kaliputu uripe seko jenang.” Artinya lebih kurang, jika suatu saat kelak sumber kehidupan warga Desa Kaliputu berasal dari usaha pembuatan jenang.
Memang desa yang terletak di wilayah kecamatan Kota Kudus ini dikenal sebagai cikal bakal dan sekaligus pusat produsen jenang kudus. Sampai sekarang masih banyak warga setempat yang berusaha di bidang ini.
oleh-olehkudusdotcom
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger