Headlines News :
Home » , » Djarum kudus Kini Benar-benar Menghijaukan Pantura

Djarum kudus Kini Benar-benar Menghijaukan Pantura

Written By admin kudusku on Minggu, 28 September 2014 | 19:59


Kini kalau kita melintas di jalan sepanjang pantura, kita akan disuguhi hijaunya pohon trembesi yang berjajar rapi sepanjang jalan.Seperti siang tadi ketika saya melintasi jalan Kudus-Semarang, pohon trembesi yang digagas oleh Djarum terlihat menghijau.
 
Program penanaman pohon trembesi di sepanjang jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa, yang nantinya diharapkan bakal menyerap 1 juta ton gas CO2 setiap tahunnya, hasil gagasan Bakti Lingkungan, Djarum Foundation melalui "Djarum Trees For Life", telah sampai di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Program yang telah digelar sejak tahun 2010 ini akan terus dilanjutkan, sehingga pada tahun 2015 akan tumbuh pohon Trembesi di sepanjang 1.350 km jalur pantura Jawa, mulai Merak, Banten, hingga Banyuwangi, Jawa Timur.
Menurut siaran pers yang diterima GATRAnews, Rabu (10/4) siang, inisiatif ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab serta komitmen Djarum Foundation, serta kepekaan terhadap lingkungan hidup untuk membantu pemerintah dan masyarakat, dalam menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi kehidupan masyarakat Indonesia di masa depan.

Dirintis dari kota Kudus, kini "Djarum Trees For Life" telah menghijaukan pulau Jawa dengan menanam lebih dari dua juta bibit sejak tahun 1979.
"Dengan komitmen yang tidak pernah putus inilah, maka `Djarum Trees For Life` terus berusaha meakukan penanaman pohon dan ikut berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujar Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji,
Selama tahun 2010, pelaksana program penghijauan ini mengklaim telah berhasil menyelesaikan tahap pertama penanaman pohon Trembesi di jalur pantura Jawa Tengah, yaitu dengan menanam sebanyak 2.767 pohon di sepanjang Kudus-Semarang.
Pada tahun 2011, penanaman pohon Trembesi ini dilanjutkan di sepanjang turus jalan Semarang-Pekalongan (1.455 pohon) dan Pekalongan-Losari (3.790) pada tahun 2012.
Memasuki bulan April 2013, sejumlah 2.777 pohon Trembesi telah ditanam dari Losari hingga Cirebon dan akan dilanjutkan hingga Merak.Pada tahun 2014 penanaman diteruskan di sepanjang turus Kudus-Surabaya dan berakhir di tahun 2015 dengan menghijaukan jalur Surabaya-Banyuwangi.

Tidak hanya melakukan penanaman, juga telah dilakukan perawatan selama tiga tahun lamanya terhadap 36.357 pohon Trembesi yang nantinya tertanam di sepanjang 1.350 km jalur pantura Pulau Jawa.
Jalur pantura dipilih karena merupakan jalur utama bagi pengendara antarkota di Pulau Jawa. Pada musim mudik misalnya, jalur ini dipadati oleh kendaraan bermotor. Kepadatan ini diperkirakan akan terus bertambah pada tahun-ahun berikutnya.
Sampai April 2013 ini, total 10.789 pohon Trembesi telah ditanam di sepanjang 368 kilometer jalur pantura Kudus-Cirebon. Selain menanam Trembesi untuk jalur pantura, Djarum Foundation juga memberikan bantuan kepada 10 Kecamatan di Kabupaten Cirebon, berupa berupa 750 bibit manga arumanis dan 250 bibit.

Turut hadir dalam seremoni penanaman di antaranya, perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon, serta beberapa musikus dan selebritas Tanah Air, seperti band Musikimia (Fadly, Yoyo, dan Rindra Padi), serta girlband BEXXA.

http://www.djarumfoundation.org/aktivitas_details.php?page=lingkungan
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

25 Februari 2015 15.43

Mari kita cintai lingkungan kita agar lahan di sekitar kita lebih hijau dan tidak gersang. Mulai sejak saat ini menggunakan produk yang ramah lingkungan. Perkenalkan Greenpack. Kemasan makanan ramah lingkungan.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kudusku.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger